Semua foto dan gambar yg ada di halaman blog ini dicolong dari arsip temen2 sendiri dan sumber2 yg nggak dikenal. Yang ngerasa punya hak cipta untuk itu, silahkan hubungi saya. Tuntutan kalian akan langsung masuk WC.

Rabu, 05 Mei 2010

KELAS DOMESTIKASI DI RUMAHINFO DANDELION

Temen-temen,
di Bandung sekarang ada infohouse loh! Namanya Rumahinfo Dandelion .
Diprakarsai oleh beberapa temen baik editor zine ini, di sana kamu bisa ngikutin berbagai kelas belajar dan kegiatan workshop bikin sendiri lainnya yg seru dan menarik bareng sama temen2 lainnya. Ngga cuman itu, di sana juga banyak koleksi buku dan literatur yg bisa kamu fotokopi. Tempatnya di Lembang, dingin, deket bukit dan kebun-kebun penduduk sekitar, udaranya segar dan bagian atasnya bisa dipake buat duduk duduk cari angin dan liat pemandangan. Jadi, kalo sekedar pengen nongkrong juga bisa loh!

Di antara berbagai kelas-kelas yg menarik di sana, editor zine ini dan beberapa teman baik lainnya bikin satu kelas seru yg bakal melajarin tentang domestikasi dan dampak-dampaknya termasuk pengaruhnya terhadap peradaban modern hingga dunia menjadi adanya seperti hari ini. Tuh kann, banyak yg belom tau apa itu domestikasi (penjinakkan)? Kalo penasaran pengen tau dan ikutan belajar bareng di kelas ini, hayuuu dateng ke sana, kita diskusi dan belajar bareng2! Tenang aja, nggak ada mentor kok, kita sama2 nyari materi dan belajar bareng, kali aja kamu malah lebih tau dari kita-kita. Ya nggak?

Kita bakal ketemu 2 minggu sekali, dan kita udah ngerumusin topik per pertemuan yg sistematis, biar bisa fokus dan lebih runut ngertiinnya. Jadi, materinya nggak ruwet kayak benang kusut. Iya, kita juga nggak doyan kok sama segala hal yg terlalu sistematis, tapi apapun yg runut dan jelas alurnya bakal lebih gampang dingertiin kan?

Setelah ngumpul-ngumpul kemaren, akhirnya topik yg fix bakal kita pelajarin per pertemuan adalah sebagai berikut:
1. Nonton Gun, Germs and Steel episode "Out of Eden" + nyaring opini temen-temen + publikasi kelas domestikasi.
2. Definisi dan asal mula domestikasi
3. Bentuk domestikasi
4. Efek domestikasi (secara general)
5. Secara biologis
6. Secara psikologis & sosial
7. Kelahiran peradaban/masyarakat modern

Tapi itu bukannya nggak ngebuka adanya topik baru yg pengen dimasukin loh! Soalnya editor zine ini baru dapet ide untuk nambahin topik baru kayak: sisa-sisa kehidupan berburu-meramu terakhir di bumi dan agrikultur atau domestikasi yg berkelanjutan. Is that a good idea, dear? Hari ini pun kita udah ketemu bareng buat ngobrolin soal publikasi kelas ini, jadi belum ada yg pakem banget deh, semuanya masih serba terbuka buat dibentuk bareng! dan buat temen-temen di kota laen yg mungkin terinspirasi dan pengen bikin kelas serupa, ayooo silahkan aja, kalian bisa pake topik2 yg udah kami susun, atau bisa kamu ubah atau tambahin kok! Yang penting kita bisa terus kontak-kontakan dan berbagi cerita ato ide-ide baru .

Setelah ngikutin kelas ini, kita ngarepin semua yg ikutan bisa seenggaknya dapet pengantar buat kelas berikutnya kayak ekonomi marxis. Ada juga kelas lainnya yg cukup seru loh, yaitu belajar tentang media sama Ucok. Seharusnya kemaren bakal jadi kelas pertama yg melajarin tentang strategi media, tapi ternyata diundur jadi tanggal 11. Nggak apa-apa yah...! Dan jangan lupa, besok malem jam 7 bakal ada nonton bareng film Avatar. Iya mungkin kamu udah nonton (malah mungkin ada yg nonton sampe berkali-kali kayak pacar saya), tapi besok mungkin lebih seru karena kita mau ngebagiin beberapa catetan dan juga ngobrolin tentang topik yg relevan banget sama film itu: anarko primitivis. So, dateng dong yah...

Yang tertarik, dateng aja nggak usah malu-malu. Yang penasaran sama Rumahinfo Dandelion, apaan itu dan apa aja jadwal kegiatan disana, silahkan buka mini web mereka di sini!

Okay, segitu aja. Jangan ragu-ragu yah kalo ada yg pengen ditanyain ato dibagi sama kita-kita.

Peluk-cium

-Ming The Bling-

Foto-fotonya dijepret sama Noorman dan dibajak langsung dari blognya!

2 komentar:

  1. oh ini yang kamu ceritain, kayaknya menarik tuh kelas medianya :D

    BalasHapus
  2. rumah dijual murah, harga rumah knock down kayu jati kuno mulai 20 jutaan.

    RUMAH JAWA JOGJA adalah perusahaan jual beli rumah jawa dan pemborong bangunan untuk hunian, penginapan, pendopo, rumah makan, resort, guest house, villa dan lain sebagainya. Tim ahli dan segala keperluan pembangunan yang Anda butuhkan semua ada pada kami sehingga memudahkan Anda mengontrol pembangunan hanya dengan satu pintu.


    Layanan kami meliputi :

    -Jual beli rumah limasan, rumah joglo, rumah kampung, rumah geladak, lintring, gazebo, kandang sapi / kandang kebo, gebyok dll,

    -Jasa bongkar pasang dan setting ulang segala type rumah jawa knock down,

    -Pemborong bangunan,

    - Arsitek,

    -Konsultan,

    -Desain taman,

    -Desain Interior dan Eksterior.

    -Dll.


    RUMAH JAWA JOGJA beda dengan yang lain karena kami bukan sekedar MEMBANGUN RUMAH namun kami MEMBANGUN HUNIAN yang layak, artistik, keren, aman, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Jasa yang kami tawarkan juga sangat berbeda dengan yang lainnya karena kami selalu memberikan pelayanan terbaik, tenaga kerja yang ahli dibidangnya, terlatih, profesional, loyal, jujur, berdedikasi, bertanggung jawab dan selalu mengedepankan keamanan sesuai dengan standar kontruksi di Indonesia.

    Dengan pengalaman serta kemampuan yang kami miliki dan tenaga kerja berpengalaman yang ahli dibidang arsitektur rumah jawa, membuat kami yakin bahwa kami dapat membantu mewujudkan rumah impian anda.

    Recomended links:
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan
    rumah limasan



    BalasHapus